RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMKN 1 Tenggarong
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS)
Kelas/
Semester : X / 1
Alokasi
Waktu : 10 X 40 menit
Standar
Kompetensi : 1.
Memahami Kehidupan Sosial Manusia
Kompetensi
Dasar :
- Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
- Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
Tujuan
: Siswa mampu
memahami memahami Kehidupan Sosial Manusia
- I. Indikator
- Interaksi sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
- Proses sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
- Interaksi sosial diidentifikasi menurut syarat-syaratnya
- Sosialisasi dijelaskan berdasarkan pengertiannya
- Sosialisasi diidentifikasi menurut media yang dilalui
- Pembentukan kepribadian dideskripsikan menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
- Interaksi primer diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
- Interaksi sekunder diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
- II. Materi Ajar
- Pengertian interaksi sosial
- Pengertian proses sosial
- Syaratterjadinnya interaksi sosial
- Pengertian sosialisasi
- Media sosialisasi
- Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
- Interaksi primer
- Interaksi sekunder
- III. Metode Pembelajarn
- Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
- IV. Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan
awal (10 menit)
- Guru meminta siswa memahami interaksi sosial.
- Guru dan siswa mendiskusikan interaksi sosial.
Kegiatan
inti
- Mengkaji referensi mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
- Mengkaji referensi mengenai proses sosial berdasarkan pengertiannya
- Berdiskusi kelas tentang syarat interaksi sosial
- Berdiskusi kelas tentang sosialisasi berdasarkan pengertiannya
- Tugas kelompok mengenai sosialisasi menurut media yang dilalui
- Berdiskusi tentang pembentukan kepribadian menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
- Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
- Tanya jawab tentang interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
Kegiatan
akhir
- Guru menyimpulkan interaksi sosial.
- V. Alat/ Bahan/ Sumber
- Buku-buku sosiologi
- Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
- Koran
- Gambar/
- Kliping.
- Lingkungan sosial sekitar
- VI. Penilaian
- Tes lisan
- Tes tertulis
- Pengamatan
- Portofolio
Tenggarong,
Mengetahui
Kepala
Sekolah…
Guru Mata Pelajaran
sunanrno,S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar