media informasi mahasiswa dan guru

siapakah rektor unikarta

Kamis, 27 Desember 2012

RPP



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah         : SMKN 1 Tenggarong
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/ Semester     : X / 1
Alokasi Waktu         : 10 X 40 menit

Standar Kompetensi  : 1.         Memahami Kehidupan Sosial Manusia
Kompetensi Dasar :
  • Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
  • Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
  • Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial

Tujuan   :   Siswa mampu memahami memahami Kehidupan Sosial Manusia

  1. I.              Indikator
  • Interaksi sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
  • Proses sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
  • Interaksi sosial diidentifikasi menurut syarat-syaratnya
  • Sosialisasi dijelaskan berdasarkan pengertiannya
  • Sosialisasi diidentifikasi menurut media yang dilalui
  • Pembentukan kepribadian  dideskripsikan menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
  • Interaksi primer diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
  • Interaksi sekunder diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar


  1. II.            Materi Ajar
  • Pengertian interaksi sosial
  • Pengertian proses sosial
  • Syaratterjadinnya interaksi sosial
  • Pengertian sosialisasi
  • Media sosialisasi
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
  • Interaksi primer
  • Interaksi sekunder

  1. III.           Metode Pembelajarn
  • Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

  1. IV.          Langkah Langkah pembelajaran
Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru meminta siswa memahami interaksi sosial.
  • Guru dan siswa mendiskusikan interaksi sosial.
Kegiatan inti
  • Mengkaji referensi mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
  • Mengkaji referensi mengenai proses sosial berdasarkan pengertiannya
  • Berdiskusi kelas tentang syarat interaksi sosial
  • Berdiskusi kelas tentang sosialisasi berdasarkan pengertiannya
  • Tugas kelompok mengenai sosialisasi menurut media yang dilalui
  • Berdiskusi tentang pembentukan kepribadian   menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
  • Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
  • Tanya jawab tentang interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
Kegiatan akhir
  • Guru menyimpulkan interaksi sosial.


  1. V.   Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku-buku sosiologi
  • Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
  • Koran
  • Gambar/
  • Kliping.
  • Lingkungan sosial sekitar
  1. VI.  Penilaian
  • Tes lisan
  • Tes tertulis
  • Pengamatan
  • Portofolio
Tenggarong,      
Mengetahui
Kepala Sekolah…                                                              Guru Mata Pelajaran



sunanrno,S.Pd
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar