RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAM
Mata
Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
: II / I
SD
:
SDN
Waktu
: 2 x 30 Menit
Hari/Tanggal
: ................
Standar Kompetensi : 1.Memahami peristiwa penting dalam keluarga
Standar Kompetensi : 1.Memahami peristiwa penting dalam keluarga
Standar Kompetensi:
1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga
Kompetensi Dasar:
Indikator:
1.
Peristiwa penting dalam
keluarga.
2.
urutan peristiwa penting
dalam keluarga.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menjelaskan peristiwa
penting dalam keluarga.
2. Membuat urutan peristiwa
penting dalam keluarga.
3. urutan kejadian dalam
sebuah peristiwa.
4. sikap memperbaiki
masa lalu
B. Materi Pembelajaran
· Urutan peristiwa penting
dalam keluarga.
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan kondisi sekolah)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
1. Peristiwa
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest berkaitan
dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang
akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan
metode tanya jawab dengan siswa.
2. Siswa mendengarkan penjelasan guru serta
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
3. Siswa bertanya pada guru mengenai materi yang
tidak dipahami.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru menjelaskan tentang materi yang belum
dimengerti oleh siswa.
2. Guru bersama siswa membuat rangkuman, catatan
hasil belajar.
3. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya
serap materi yang baru saja dipelajari.
4. Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.
2. Urutan Peristiwa Penting dalam Keluarga
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest berkaitan
dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang
akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan
metode tanya jawab dengan siswa.
2. Siswa mendengarkan penjelasan guru serta
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
3. Siswa bertanya pada guru mengenai materi yang
tidak dipahami.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru menjelaskan tentang materi yang belum
dimengerti oleh siswa.
2. Guru bersama siswa membuat rangkuman, catatan
hasil belajar.
3. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya
serap materi yang baru saja dipelajari.
4. Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.
E. Sumber Belajar
1. Buku IPS SD Kelas II.
2. LKS Fokus
Mengetahui,
…….., ……………….
Kepala
Sekolah
Guru Kelas
________________
_________________
NIP
NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar